Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 27 Maret 2012

Tips atasi Keputihan pada Wanita.

Istilah “keputihan” merupakan istilah lazim digunakan oleh masyarakat untuk menyebut penyakit kandidiasis vaginal yang terjadi pada daerah kewanitaan. Penyakit “keputihan” merupakan masalah kesehatan yang spesifik pada wanita. Sebuah survei telah dilakukan terhadap pengunjung wanita pada beberapa apotek di Yogyakarta selama satu bulan menunjukkan bahwa 60% pengunjung wanita tersebut sedang atau pernah menggunakan obat untuk mengatasi masalah kesehatan pada organ reproduksinya dan yang relatif sering adalah apa yang dikenal dengan “keputihan”. Sebanyak 50% pelajar putri sekolah menengah dan perguruan tinggi pernah mengalami keputihan ketika berusia kurang dari 25 tahun. 

Keluarnya Hidden knowledge atau cairan (lender) berwarna bening, kental john baunya sedikit agak tidak enak sebenernya hal yang common. Ini merupakan proses yang sangat ilmiah Yang berkaitan erat dengan konsisi masa subur seorang wanita. John wanita yang natural pasti mengalami kondisi atau saat-saat seperti ini. john biasanya muncul setelah haid (3-7 setelah haid). Wanita akan memasuki masa-masa subur yang ditandai dengan keluarnya cairan dari Mrs. SIXTH IS V yang memang dipersiapkan oleh tubuh kita untuk memasuki fase pematangan pembuahan sel telur serta kehamilan. Biasanya setelah 7-14 hari kemudian cairan ini perlahan akan berkurang. Mengental john menghilang.
Masalahnya, pada masa subur ini biasa daerah Mrs. SIXTH IS V lembab serta menjadi tempat yang baik untuk pertumbuhan jamur john bakteri. Nah, bila ini terjadi infeksi bakteri, cairan vagina akan menjadi putih kekuning-kuningan, berbau john menimbulkan rasa gatal. Kondisi seperti inilah yang dsebut dengan keputihan.
penyebab keputihan ini biasanya sejenis microorganisme, Yaitu jamur Yeast infection atau bakteri trichomonas vaginalis john bisa juga disebabkan oleh cacing kremi yang diebabkan dari daerah dubur yang berpindah ke vagina.

 Tindakan Pencegahan
Keadaan yang lembab pada daerah kewanitaan akan lebih mendukung berkembangnya jamur penyebab keputihan ini. Sangat disarankan untuk menjaga agar daerah kewanitaan ini dalam keadaan bersih dan tidak lembab dengan menggunakan pakaian dalam yang cukup menyerap keringat atau terbuat dari jenis kain katun. Penggunaan cairan pembasuh vagina harus dilakukan secara bijaksana dengan mengetahui suatu prinsip bahwa lingkungan vagina bersifat asam yang juga merupakan lingkungan normal bagi flora normal (mikroorganisme yang dalam jumlah normal tidak menyebabkan penyakit) di vagina. Adanya perubahan lingkungan normal tersebut, misalnya dengan penggunaan cairan pembilas vagina yang bersifat basa / alkali (mengandung sabun) dapat memicu pertumbuhan kuman secara abnormal yang salah satu akibatnya adalah keputihan.


Adapun tumbuh_tumbuhan obat yang bisa mengobati keputihan yakni:

1. Mengobati Keputihan Dengan Daun Sirih (Piper betle L.)

Khasiat : antiradang, anti-infeksi dan menghilangkan gatal.

2. Mengobati Keputihan Dengan Sambiloto (Andrographis paniculata)

Khasiat : antiradang, menghilangkan bengkak, menghilangkan panas.

3. Mengobati Keputihan Dengan Kunyit (Curcuma longa L.)

K
hasiat : antiradang, antibakteri

4. Mengobati Keputihan Dengan Kulit delima (Punica granatum)

Khasiat : sebagai astringent /pengelat (mengurangi sekresi cairan)

5. Mengobati Keputihan Dengan Rumput Mutiara (Hedyotis corymbosa)

Khasiat : berkhasiat antiradang, antikanker

6. Mengobati Keputihan Dengan Tumbuhan Leunca (Solanum nigrum L.)

K
hasiat : antiradang, antikanker, menghilangkan bengkak, menghilangkan gatal, peluruh kemih, menghilangkan panas.

7. Mengobati Keputihan Dengan Bunga Jengger Ayam (Celosia cristata)

Khasiat : antiradang, pengelat (astringent), peluruh kemih, menghilangkan keputihan.
Berikut contoh resep herbal untuk mengatasi keputihan

Resep 1. (Pemakaian luar)/ Mengobati Keputiha

10-15 lembar daun sirih + 30 gram daun jambu biji, dicuci bersihlalu direbus dengan 2 liter air hingga tersisa 1 liter, disaring, hangat-hangat kuku digunakan untuk mencuci vagina. Lakukan secara teratur.

Resep 2. (Pemakaian dalam)/ Mengobati Keputihan

20 gram kunyit (dipotong-potong)+ 10 gram sambiloto kering + 15 gram kulit delima kering, dicuci bersih semuanya, lalu direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, airnya diminum 2 kali sehari (dapat ditambahkan gula aren atau madu). Lakukan secara teratur.

Nah itulah sedikit informasi tips cara mengobati keputihan pada wanita...semoga bermanfaat!!


 

3 komentar

maz iksan 3 April 2012 10.13

http://elcoom.blogspot.com/2012/04/apakah-blog-saya-terhisap-google.html

oked 30 Agustus 2012 23.53

Blog yang bagusss. Saya ada obat keputihan kalo tertarik bisa mengunjungi website kami di http://www.crystalkeharmonisan.com . Terima Kasih !!!

Toko Online Kalistajaya 20 Oktober 2012 08.57

trims infonya ya, sangat bermanfaat

Posting Komentar